Beranda - BPP Sadananya uji coba panen Padi Varietas Tongkol Dua
BPP Penyuluhan Tanaman Pangan

BPP Sadananya uji coba panen Padi Varietas Tongkol Dua

22 Juli 2021, BPP Kec. Sadananya melakukan Kegiatan uji coba Panen Padi Uji Coba Padi Varietas Tongkol Dua. Kegiatan ini di lakukan di beberapa titik yang mewakili keadaan topograpi kecamatan sadananya .

Kegiatan yang Prakarsai oleh BPP Sadanya dan Kelompok Tani ini dilakukan untuk mencoba menguji produktivitas dan produksi varietas padi tongkol dua terhadap iklim dan keadaan tanah di kecamatan sadananya.

adapun yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya adalah ,Wawan Hanurawan (pelaku/demonstrator), Dadan Subadar, A. Md. (PPL Inisiator), Subagyo, S. Pt. (PPL Wilbin), Mila khoerulummah (THL POPT) .

Skema kegiatan uji coba ini dilakukan langsung oleh pelaku/demonatrator, PPL PPPK, THL POPT dibantu oleh petani lainnya (Anggota Kelompok Tani) meliputi, Penentuan lokasi ubinan,Pengukuran luas lokasi ubinan, Penghitungan jumlah anakan, Penghitungan jumlah bulir per 1 malai, Pemotongan padi,Perontogan padi, Penimbangan hasil panen dan yang terakhir Evaluasi.

Menurut Dadan Subadar, A. Md.(46) selaku PPL P3K  menjelaskan “Dari hasil panen yang telah dilakukan, padi varietas  Tongkol dua memiliki jumlah anakan rata-rata 20 (berdasarkan deskripsi 25), jumlah bulir per malai mencapai 678 bulir (berdasarkan deskripsi 500 bulir) dan rata-rata ubinan mencapai 7,7 kg dengan provitas 10,59 ton/ha namun kelemahan varietas ini adalah tidak tahan terhadap hawar bakteri yang menyerang bulir padi” Paparnya.

Sementara itu Menurut Subagyo, S. Pt. (41) Selaku Wilbin Desa Sadananya Memaparkan “Varietas padi tongkol dua dapat dan layak dibudidayakan di Sadananya dengan memperhatikan tindakan preventif terhadap kerentanan penyakit hawar bakteri” Pungkasnya.

Apakah anda puas dengan pelayanan kami ?
Apakah anda puas dengan pelayanan kami ?
× Helpdesk