Beranda - HKP ke 50 Momentum Kebangkitan Petani Pasca Pendemi Covid-19
Artikel

HKP ke 50 Momentum Kebangkitan Petani Pasca Pendemi Covid-19

CIAMIS-Hari Krida Pertanian (HKP) ke-50 di Kabupaten Ciamis diperingati dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Tahun 2022 momentum HKP dimeriahkan dengan kegiatan budaya Ngarak Pataka dan pertunjukan musik dan tarian. HKP pun berubah wajah menjadi ajang hiburan masyarakat Ciamis.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Ciamis, Slamet Budo Wibowo, mengatakan, HKP tahun 2022 merupakan ajang bersyukur dan evaluasi bagi insan pertanian. Kontribusi para petani dan pemangku kepentingan pertanian di Ciamis sungguh luar biasa.

“Selama pandemi Covid-19 kemarin, para petani Ciamis menjadi benteng terakhir dalam ketahanan pangan yang tidak terimbas pandemi. Petani kita tetap bisa bercocok tanam sesuai musim,” ujar Slamet Budi Wibowo.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Jawa Barat, Ajat Sudrajat, menambahkan, hanya Kabupaten Ciamis yang rutin menggelar HKP setiap tahun. Dari semua kabupaten dan kota di Jawa Barat, Kabupaten Ciamis juga yang menjadi daerah penyumbang terbesar dalam ketahanan pangan di Jawa Barat.

“Kontribusi petani Kabupaten Ciamis sangat besar bagi Jawa Barat. Karena itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan dukungan tenaga penyuluh dan BOP dari APBD Provinsi Jawa Barat,” ujar Ajat, Rabu, 8 Juni 2022.

Ketua KTNA Kabupaten Ciamis, Pipin Arif Apilin, mengatakan, HKP ke-50 bagi petani di Ciamis merupakan ajang silaturrahmi dan bersyukur atas nikmat dari Tuhan yang maha kuasa. Lewat perayaan HKP ini para petani bisa saling sharing dan mengevaluasi diri untuk perbaikan di masa depan.

“Kami berterimakasih atas dukungan semua dinas dan Bupati Ciamis Herdiat yang telah menggebyarkan HKP menjadi event meriah,” ujar Pipin.

Sementara Ketua HKTI Kabupaten Ciamis, Dedi Kusdiana, mengaku gembira melihat pelaksanaan HKP dimeriahkan dengan gebyar budaya. Ini momen yang sangat bagus untuk promosi pertanian agar masyarakat lebih mengenal produk unggulan Ciamis.

“Kami tentu saja gembira insan pertanian bisa kumpul dalam satu kegiatan yang meriah. Tapi kami berharap tahun depan HKP bisa digelar dalam satu titik dan durasinya memadai. Edukasi petani dalam acara HKP tahun ini tidak diagendakan. Diharapkan tahun depan selain meriah, para petani bisa saling tukar pengalaman, ” ujar Dedi.

Apakah anda puas dengan pelayanan kami ?
Apakah anda puas dengan pelayanan kami ?
× Helpdesk